Skip to main content

Cara Membuat Popcorn Caramel


Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui cara membuat popcorn caramel XXI. Kalian cukup mengikuti instruksi di bawah ini, agar kalian bisa membuat popcorn caramel simple.

Image result for popcorn caramel
Cara Membuat Popcorn Caramel Sederhana

Alat & Bahan

Ini adalah beberapa bahan yang akan kalian butuhkan dalam membuat popcorn ala bioskop:
  1. Jagung popcorn
  2. Gula pasir
  3. Mentega / butter (1 sdm)
  4. Garam (1/8 sdt)
  5. Panci & tutup panci

Langkah pembuatan

Step pertama yang perlu dilakukan untuk cara membuat popcorn caramel enak adalah dengan memanaskan panci, setelah itu masukan mentega atau butter ke dalam panci yang sudah panas.
Step kedua, apabila mentega atau butter yang dimasukan sudah mencair. Masukan jagung popcorn yang sudah disiapkan ke dalam panci. Letakan jagung popcorn di tengah-tengah panci ya, agar cepat mendapatkan panas dari api di bawahnya. Kalian bebas mau memasukan berapa banyak jagung popcorn, asal disesuaikan dengan panci yang kalian gunakan. Ingat, jagung popcorn akan mengembang kurang lebih 5x lipat dari ukuran jagung popcorn yang masih mentah.
Step ketiga, masukan gula pasir sebanyak 2x lipat dari banyaknya jagung popcorn yang dimasukan. Letakan gula pasir di bagian samping atau disekitaran jagung popcorn yang sudah dimasukan sebelumnya. Agar gula yang dimasukan tidak menghalangi proses mengembangnya jagung popcorn.
Step keempat, taburkan sedikit garam agar rasa dari caramel tidak terlalu menyengat. Garam ini juga digunakan untuk menambah cita rasa dari popcorn caramel yang dibuat agar tidak menimbulkan rasa terlalu manis pada caramelnya.
Step kelima, setelah semua bahan dimasukan. Tutup lah panci dengan penutup yang telah kalian sediakan. Diamkan panci sejenak selama kurang lebih 5 detik, agar jagung popcorn mendapatkan panas yang cukup dari panci. Kemudian mulai lah goyang-goyangkan panci, agar jagung popcorn tidak gosong dan mendapatkan panas yang merata. Ingat ya, kalian harus terus menggoyang-goyangkan panci sampai suara meletup-letup dari jagung popcorn menghilang.
Step keenam, apabila kalian sudah tidak mendengar letupan dari jagung popcorn yang mengembang. Tandanya semua jagung popcorn sudah selesai mengembang dan berubah menjadi popcorn. Buka lah tutup panci yang kalian gunakan. Kemudian cek apakah caramel sudah menempel rata pada keseluruhan popcorn. Apabila caramel belum merata, kalian bisa mengaduknya kembali dengan cara digoyang-goyangkan seperti cara tukang nasi goreng di pinggir jalan mengaduk nasinya.
Step ketujuh, apabila caramel sudah merata. Kalian bisa menyajikan popcorn caramel ke tempat atau wadah yang telah kalian sediakan. Diamkan sejenak popcorn caramel sampai agak dingin, agar caramel dapat mengeras dengan sempurna. Setelah dingin, kalian bisa memisah-misahkan popcorn caramel yang saling menyatu dengan mengaduknya perlahan.
Mudah bukan, cara membuat popcorn caramel XXI tanpa oven ini. Kalian bisa langsung mempraktekannya di rumah. Selamat mencoba, semoga berhasil yaa

Comments