Skip to main content

Pola Pikir Kewirausahaan di Era Digital

Dewasa ini, sudah banyak entrepreneur pemula yang telah sukses menjadi jutawan. Perlu diketahui bahwa dari sekian banyak entrepreneur pemula tersebut, memiliki satu kesamaan yang sangat penting. Mereka berjuang untuk menata cara berpikir, yang kemudian mempengaruhi tindakan yang mereka perbuat. cara berpikir tersebut dapat dikatakan sebagai pola pikir wirausaha atau pola pikir pengusaha

Definisi pola pikir 

Pola pikir adalah sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang mempengaruhi tindakan seseorang. Apabila pola pikir seseorang berubah, maka tindakan yang akan dilakukan pun akan berubah. Hal tersebut yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan hidup seseorang.

Macam macam pola pikir manusia

Menurut Carol, dalam buku “Change Your Mindset, Change Your Life”, pada dasarnya terdapat dua pola pikir manusia. Pola pikir tersebut adalah pola pikir tetap dan pola pikir berkembang.
Seseorang yang memiliki pola pikir tetap, cenderung berpikir bahwa kemampuan dan talenta yang dimilikinya adalah sesuatu yang sudah ada sejak lahir. Sehingga muncul pemikiran bahwa kemampuan dan talenta yang dimilikinya tidak bisa berubah. Seseorang tersebut cenderung untuk tidak mau mencoba hal-hal baru, menolak tantangan dan berpikir negatif tentang kritik dari seseorang. Sehingga ia akan lebih memilih untuk berada di zona nyaman dan amannya.
Lain hal dengan seseorang yang memiliki pola pikir berkembang. Ia akan berpikir bahwa kemampuan dan talenta yang dimilikinya sangat mungkin untuk diasah dan dikembangkan. Tentunya dengan latihan yang rutin dan kerja keras. Kemudian ia akan cenderung mau untuk belajar, siap menghadapi tantangan, mau untuk mencoba hal baru dan terbuka menerima kritik.

Prinsip berwirausaha

Menurut sebuah penelitian, terdapat 5 prinsip yang digunakan oleh para wirausaha ketika awal mendirikan usaha dan ketika menjalankan usahanya. 5 prinsip tersebut berdasarkan pada logika berpikir efektuasi.
Efektuasi berfokus pada penggunaan seperangkat kekayaan atau cara yang berkembang untuk mencari sasaran-sasaran baru yang berbeda, membangkitkan proses kreatif dan stategi transformative.
Sebaliknya, causation berfokus pada pencapaian tujuan yang diinginkan melalui seperangkat kekayaan, cara tertentu yang diberikan, berusaha mencari dan memilih taktik yang berdasarkan pada teori manajemen yang paling baik dengan berpikir secara kasual.
Gambaran sederhananya dapat diilustrasikan ketika hendak memasak.
Logika berfikir efektuasi menggiring pemikiran untuk mencari apa yang sudah dimiliki di dapur kemudian meracik bahan makanan tersebut. Tentunya hasil yang didapatkan tidak dapat diprediksi, bisa menjadi sayur sop, sayur asem dll. Bergantung pada bahan bahan yang dimilikinya.
Logika berfikir causation atau kasual lebih berfokus pada konsep atau apa yang akan dimasak. Kemudian mencari bahan masaknya untuk memasak apa yang sudah ditentukan.

5 prinsip efektuasi:

Bird in hand, mengacu pada diri sendiri berdasarkan pada apa yang bisa diandalkan dengan mengetahui siapa diri kita, apa yang kita ketahui dan siapa yang kita kenal untuk memulai dengan sumber daya yang dimiliki, serta berfikir jangan menunggu peluang yang sempurna untuk melakukan tindakan segera.
Affordable loss principle (kerugian terjangkau), mengajak kita untuk bertanya pada diri sendiri dan mengukur resiko sejauh mana kita benar-benar memulai bisnis dengan memegang kunci kreatif secara inovatif, agar ide-ide kita bisa diterima pasar dengan menggunakan saran yang tersedia
Lemonade principle, menggiring pada kemungkinan2 baru yang akan mengarah pada sesuatu yang inovatif dan lebih baik dari sebelumnya.
Crazy quilt principle, mengidentifikasi dan mulai berinteraksi dengan orang yang dikenal dan membuat komitmen, membantu partnership bersama relasi yang potensial.
Pilot in the plane principle, fokus pada usaha yang kita jalankan dan mengendalikan apa yang menjadi area kontrol kita.
Menurut penelitian sarah saraswati, prinsip ini umum digunakan oleh para wirausahawan pemula maupun yang sudah mahir.
Apakah kalian ingin menjadi orang sukses? Ikuti bagaimana pola pikir orang sukses

Comments